OBJEK WISATA ALAM KOTAWARINGIN BARAT | PEMANDANGAN INDAH

Wisata Kotawaringin Barat


Kalimantan Tengah - Pangkalan Bun merupakan ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pangkalan Bun adalah kota yang juga banyak menyimpan potensi wisata yang cukup indah, yang tidak kalah menarik dari objek wisata di kota Sampit. Sebut saja Taman Nasional Tanjung Puting, dimana selain pusat peliaran Orang Utan untuk mengembalikan kehabitatnya, di sini juga terdapat Bekantan, Uwa-Uwa, Beruang Madu, Kijang, Rusa dan satwa air yang menarik, buaya, ikan toman dan banyak lagi.

Wilayah ini terdiri dari 6 (enam) kecamatan, yaitu:
  1. Kotawaringin Lama
  2. Arut Selatan
  3. Arut Utara
  4. Kumai
  5. Pangkalan Lada
  6. Pangkalan Banteng

Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebenarnya banyak menimpan potensi wisata. Namun potensi tersebut masih banyak yang masih belum dieksplorasi sehingga keberadaanya masih belum banyak diketahui khalayak.

Berikut ini beberapa objek wisata di Kotawaringin Barat, diantaranya :


1. Pantai Bogam Raya
Pantai Bogam Raya
Pantai Bogam Raya merupakan sekumpulan objek wisata alam yang terletak di satu daerah/wilayah di Kumai. Yaitu terdiri atas objek wisata Pantai Kubu, Pantai Tanjung Keluang, Pantai Tanjung Penghujan, Pantai Keraya, dan Air Terjun Patih Mambang.

2. Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP)
Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) adalah surga bagi sebagian spesies hewan-hewan unik. Spesies yang paling terkenal yang membuat Taman Nasional ini tersohor adalah Orang Utan (Pongo Pygmaeus). Taman ini juga terkenal dengan populasi monyet proboscis atau Bekantan (Nasalis Larvatus), seekor monyet besar yang diseluruh dunia hanya dapat ditemukan di Kalimatan. Primata lain yang ditemukan ditaman ini termasuk Agile Gibbon (Hylobates Agilis), monyet pemakan daun merah atau langur marun (Presbytis Rubicunda), langur silver (Presbytis Cristata), monyet pemakan kepiting atau makaw ekor panjang (Macaca Fascicularis), dan makaw ekor babi (Macaca Nemestriana).

3. Pantai Kubu
Pantai Kubu
Di tepi Teluk Kumai merupakan obyek wisata transit bagi wisatawan yang akan menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting. Di pantai ini terdapat kehidupan binatang langka yaitu putri duyung dan pesut (lumba-lumba). Lokasi Objek wisata pantai kubu merupakan aset pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

4. Pantai Tanjung Keluang
Pantai Tanjung Keluang
Pantai Tanjung Keluang seluas 200 Ha terletak di ujung Pantai Kubu, terbentuk dari hamparan pasir putih bersih dengan laut tenang, sangat cocok untuk berenang dan berjemur sambil menikmati pesona pantai yang khas. Pantai ini langsung menghadap ke Laut Jawa, dapat dicapai dengan perahu penyebrangan (kelotok wisata) dalam waktu 30 menit dari Pantai Kubu.

5. Pantai Tanjung Penghujan
Pantai Tanjung Penghujan
Di pantai ini, saat senja menjelang pengunjung bisa menyaksikan sunset (matahari tenggelam) dan sunrise (matahari terbit). Perpaduan pemandangan alam setiap waktu sangat menakjubkan di pantai ini. Wisatawan dapat menikmati pemandangan setiap waktu pada saat matahari terbit dan matahari tenggelam. Hamparan Pantai Tanjung Keluang seluas 44,7 Ha salah satu alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Bugamraya.

6. Pantai Keraya
Pantai Keraya
Objek Wisata Pantai Keraya dan Air Terjun Patih Mambang lokasinya berhadapan dengan pantai wisata Tangjung Penghujan. Obyek wisata ini dapat di capai dalam waktu 15 menit perjalanan darat dari Pantai Tanjung Penghujan Wisatawan di obyek wisata Pantai Keraya dapat bersantai sambil menikmati lalu lalang kapal penumpang, perahu nelayan dan indahnya panorama alam.

7. Air Terjun Patih Mambang
Air Terjun Patih Mambang
Air terjun Patih Mambang yang terletak di kawasan wisata Bugamrayya menjanjikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan setelah menikmati panorama pantai. Tempat ini konon menyimpan cerita mistis. Di sana, sering terjadi hal-hal aneh yang sering membuat penasaran pengunjung.

8. Air Terjun Suayap
Air Terjun Suayap
Objek wisata Air Terjun Suayap terdapat di Suayap Desa Runtu Kecamatan Arut Selatan yang terdapat dalam kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT Citra Borneo Indah (CBI) Group.